Selasa, 28 Januari 2020

JARINGAN KOMPUTER





 

Jenis-jenis Jaringan Komputer Berdasarkan Area

A.PAN(Personal Area Network)
PAN (Personal Area Network)
      Jaringan komunikasi satu perangkat lain dengan perangkat lainnya dalam jarak sangan dekat,hanya dalam beberapa meter saja.PAN ini juga bisa digunakan untuk mengkomunikasikan antara perangkat komputer pribadi, dalam artian yaitu komunikasi  secara interpersonal.Jenis jaringan komputer ini juga sering kita lakukan tanpa kita sadari, yaitu seperti saat kita ingin menghubungkan gadget pribadi kita ke jaringan Internet. Dan biasanya, jenis jaringan ini dilakukan dengan bantuan USB atau Bluetooth untuk menghubungkan antar perangkatnya.
contoh:tablet, komputer, handphone, konsol game,menonton tayangan film pada layanan streaming online menggunakan TV,dan lain sebagainya.
B.LAN(Local Area Network)
LAN
    LAN yang merupakan singkatan dari Local Area Network ini dapat digunakan untuk cakupan wilayah yang kecil saja. Seperti contohnya yang biasa menggunakan jenis jaringan ini yaitu perusahaan, sekolah, universitas maupun area lainnya yang memiliki cakupan wilayah yang kecil.
Dengan menggunakan LAN, ada terdapat beberapa komputer dalam satu wilayah tersebut dan mereka saling terhubung satu sama lain. Salah satu dari komputer tersebut berperan sebagai server atau bank data, sedangkan yang lainnya bertindak sebagai client.
Keuntungan / Kelebihan :
- Lebih irit dalam pengeluaran biaya operasional.
- Transfer data antar perangkat komputer labih cepat karena mencakup wilayah yang sempit.
- Tidak memerlukan operator telekomunikasi untuk membuat sebuah jaringan LAN.

Kerugian / Kekurangan :
- Cakupan wilayah jaringan kecil
C.MAN atau Metropolitan Area Network
Hasil gambar untuk GAMBAR MAN
MAN (Metropolitan Area Network) adalah gabungan dari beberapa jaringan LAN yang luasnya bisa sampai menghubungkan antar kota, jarak maksimal MAN yaitu antara 10-50 km. Jaringan ini biasanya digunakan untuk menghubungkan kantor pusat dan kantor cabang yang masih dalam satu wilayah atau berbeda (max. 10-50 km). Untuk membuat jaringan WAN dibutuhkan operator telekomunikasi untuk menghubungkan antar jaringan komputer.
 Keuntungan / Kelebihan:
- Cakupan wilayah jaringan lebih luas
- Mempermudah dalam hal berbisnis, dan juga keamanan dalam jaringan menjadi lebih baik.

Kerugian / Kelemahan :
- Biaya operasional cukup tinggi
- Menjadi target operasi oleh para Cracker untuk mengambil keuntungan pribadi
Maintenance jaringan MAN memerlukan waktu yang tidak sebentar

D.WAN atau Wide Area Network
Hasil gambar untuk GAMBAR WAN

Yang terakhir yaitu WAN atau singkatan dari Wide Area Network, jenis jaringan ini memiliki cakupan wilayah atau jarak yang sangat luas karena dapat menjangkau hingga seluruh Negara maupun dunia. Nah, pada jaringan WAN ini biasanya telah terdiri dari jenis jaringan seperti LAN dan MAN. Jenis jaringan WAN ini hanya membutuhkan suatu router saja untuk menghubungkan seluruh komputer ke dalam jaringan.
Biasanya WAN juga dibangun oleh perusahaan-perusahaan yang menjadi penyedia berbagai jaringan Internet. Untuk membangun sebuah jaringan WAN ini bisa menggunakan sebuah saluran koneksi telepon yang biasa di sebut dengan Leased Line, tidak hanya itu ada sebagian jaringan WAN yang dibangun menggunakan switching sirkuit.
Keuntungan / Kelebihan :
- Cakupan wilayah jaringannya lebih luas dari LAN dan MAN

Kerugian / Kekurangan :
- Biaya operasional yang dibutuhkan menjadi lebih tinggi
- Sangat rentan terhadap bahaya pencurian data-data penting
- Perawatan untuk jaringan WAN menjadi lebih berat

Video:https://www.youtube.com/watch?v=gJ8fg18P1QE
Jaringan Berdasarkan Jangkauan
LAN (Local Area Network)
LAN merupakan jaringan komputer terkecil untuk pemakaian pribadi.LAN memiliki skala jangkauan mencakup 1 Kilometer hingga 10 Kilometer dalam bentuk kabel (wired),nirkabel(wireless) maupun kombinasi keduanya.Secara umum ,LAN lebih banyak digunakan di dalam sebuah ruangan maupun sebuah gedung.

MAN (Metropolitan Area Network)

MAN merupakan jaringan komputer yang memiliki cakupan area dan luasa yang lebih besar dibandingkan dengan LAN.MAN memiliki jarak jangkauan antara 10 Km sampai 50 Km.Jika kita lihat berdasaran wilayah,maka Luas Wilayah MAN bisa mencakupi sebuah wilayah kota,yang di dalamnya terdapat banyak gedung dan pemukiman.Ini berarti di dalam sebuah MAN telah terintegrasi banyak LAN yang berasal dari gedung dan pemukiman yang ada.

WAN (Wide Area Network)

WAN merupakan jaringan komputer yang lebih luas dari MAN dengan cakupan area seluas sebuah negara atau benua.WAN terdiri atas 2 atau lebih MAN di dalamnya.Setiap MAN tersebut terdiri dari 2 atau lebih LAN di dalamnya.Sehingga dapat dikatakan bahwa WAN ini merupakan gabungan dari sejumlah jaringan komputer yang berada dalam satu kawasan seluas sebuah negara ataupun benua.Misalnya WAN yang ada di negara Indonesia bisa terhubung dengan WAN di negara Eropa dan lain-lain.

INTERNET (Interconnection Networking)

Gambar terkait
Internet merupakan jaringan komputer terluas dengan cakupan seluruh planet bumi.Internet menghubungkan semua WAN,MANdan LAN di dalamnya.Sehingga dapat kita katakan bahwa Internet terdiri atas semua jaringan komputer dan perangkat lainnya ke dalam satu jaringan komputer terbesar di dunia yang menghubunngkan setiap gedung,setiap tempat, pengguna komputer, kota, negara, pulau, benua di dalam kesatuan alam bumi. 

Jaringan berdasarkan jenis koneksi
  • Broadcast links
Hasil gambar untuk GAMBAR broadcast link
Jaringan ini merupakan sebuah koneksi dari satu kanal komunikasi, yang mana kanal komunikasi itu hasil bagi dari jaringan ke semua peralatan. Dan juga broadcast links ini juga mendukung sebuah teknis agar teknis itu bisa di lakukan. Kemudian hasil dari teknis itu aka di masukan ke dalam Group yang biasa di sebut dengan Multicasting atau multicast.
  • Point to point links
Hasil gambar untuk GAMBAR Point to point links
Jaringan ini merupakan jaringan yang di batasi , biasanya koneksinya 2 endpoints. Di dalam jaringan ini juga terdapat istilah Unicasting, yaitu point to poin melakukan satu pengiriman dan satu penerima.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

IP address

1.Pengalamatan komputer. sumber: https://denmasboy.com/konsep-dasar-ip-address/ Setiap komputer yang ingin berhubungan atau berkom...